PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero)

JELANG MUSIM MUDIK, PT INTI GENJOT PENJUALAN PERANGKAT SISTEM PENGHITUNG LALU LINTAS OTOMATIS

BANDUNG – PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero) atau biasa disebut PT INTI (Persero) tengah gencar menggenjot penjualan perangkat sistem penghitung lalu lintas otomatis agar bisa diimplementasikan pada musim mudik Lebaran mendatang. Perangkat sistem yang diberi tajuk Penghitung Lalu Lintas Otomatis atau PLATO ini memiliki kemampuan untuk penghitungan volume dan kecepatan kendaraan (traffic counting) secara otomatis dengan sistem pembacaan dan penghitungan kapasitas jalan untuk lima golongan kendaraan.

“Penghitungan lalu lintas secara otomatis yang dilakukan oleh PLATO ini menjadi sebuah terobosan dalam bidang transportasi. Perangkat sistem ini telah terbukti kehandalannya pada musim mudik Lebaran beberapa tahun terakhir,” ungkap Direktur Utama PT INTI (Persero) Otong Iip, Rabu (09/03).

Perangkat PLATO merupakan hasil peningkatan sistem dari teknologi yang digunakan pada Sistem Informasi Dini Lalu Lintas (Sindila) yang menjadi salah satu inovasi PT INTI (Persero) dalam manajemen lalu lintas. Perangkat sistem PLATO yang memiliki kemampuan sensor deteksi volume dan kecepatan kendaraan hingga lima klasifikasi kendaraan ini menggunakan teknologi Video Imaging Processing sebagai media pendeteksi kendaraannya. Teknologi Intelligent Transportation System (ITS) yang dikembangkan pada PLATO ini telah disesuaikan dengan karakteristik pengendara dan klasifikasi kendaraan sesuai dengan prosedur manual yang digunakan di Indonesia.

PLATO ini juga dilengkapi dengan fitur kalibrasi atau tunning yang mengatur arah sensor sehingga diperoleh jangkauan pandang yang ideal, membuat virtual loops atau area yang akan dihitung oleh PLATO, mengatur jenis kendaraan berdasarkan golongan kendaraan, serta analisa sample video untuk proses tunning setiap bulannya.

Berbekal kelengkapan teknologi yang diterapkan pada perangkat sistem PLATO itu membuat PT INTI (Persero) menggandeng anak perusahaannya, PT INTI Konten Indonesia (INTENS), untuk memperluas implementasi PLATO ke berbagai daerah dan instutusi. Terbaru, PT INTI (Persero) telah mengimplementasikan perangkat ini di enam area Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung Barat, yaitu Ciburuy, Cikamuning, Gunung Putri, Beatrix Lembang, Cipatik, dan Cimareme.

PLATO tersebut telah teruji secara fungsi penghitungan lima kategori kendaraan, dashboard management center, menampilkan kondisi jalan, menampilkan arah atau lajur, serta menampilkan kecepatan rata-rata kendaraan. Harapannya, lanjut Otong Iip, PT INTI (Persero) berkeyakinan mampu menjadi mitra berbagai institusi dalam menyelenggarakan manajemen lalu lintas, perencanaan rekayasa jaringan jalan, analisis kapasitas jalan, dan lainnya. Apalagi, inovasi PLATO ini merupakan hasil produksi PT INTI (Persero) dengan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) yang tinggi.

“Targetnya, cakupan pemanfaatan PLATO ini akan meluas untuk instansi di berbagai daerah lainnya pada tahun ini,” ujar Otong Iip.

 

TENTANG PT INTI (PERSERO)

PT INTI (Persero) adalah badan usaha milik negara (BUMN) yang memiliki lini bisnis di bidang Manufacture and Assembly, Managed Service, Digital Service, dan System Integrator. Untuk mendukung bisnisnya, PT INTI (Persero) yang berkantor pusat di Jalan Moch Toha Nomor 77 Bandung itu juga mengoperasikan fasilitas produksi seluas delapan hektar di Jalan Moch Toha Nomor 225 Bandung, yang memproduksi perangkat telekomunikasi dan elektronik.

 

 

PRODUK DAN LAYANAN

PLATO merupakan penghitung lalu lintas otomatis yang memiliki kemampuan untuk penghitungan volume dan kecepatan kendaraan (traffic counting) secara otomatis dengan sistem pembacaan dan penghitungan kapasitas jalan untuk lima golongan kendaraan secara real time.

KTP Electronic Reader “IDentik” merupakan perangkat pembaca yang masing-masing komponennya terintegrasi dalam satu kesatuan yang menjadi sebuah perangkat pembaca KTP-el secara mandiri tanpa harus terhubung dengan perangkat komputer.

Sistem Electronic Voting (e-Voting) adalah sebuah sistem yang memanfaatkan perangkat elektronik dan mengolah informasi digital untuk membuat surat suara, memberikan suara, menghitung perolehan suara, mengirim hasil perolehan suara, menayang kan perolehan suara, memelihara dan menghasilkan perhitungan suara. Keuntungan yang didapat adalah paperless, meminimalisasi kecurangan, real time result, serta dilengkapi dengan sistem anti hack sehingga aman dan terpercaya. Implementasi e-Voting ini telah memiliki dasar hukum, meliputi Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa Pasal 31 ayat (2), Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 147/PUU-VII/2009 yang menyebut tentang metode e-Voting, Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2017 tentang Inovasi Daerah Pasal 4, serta Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 112 Tahun 2014 Pasal 3 tentang Pemilihan Kepala Desa.

INTIPay adalah perangkat terpadu pembayaran elektronik terintegrasi dengan aplikasi berbasis android. INTIPay dapat juga di sinkronkan serta melakukan verifikasi KTP elektronik.

INTI Repair Center merupakan layanan pemeliharaan perangkat elektronik dengan penyediaan jaminan suku cadang dan jasa layanan repair. Dengan cakupan spare pool di 60 kota lebih, sehingga kastemer dapat fokus pada bisnis utama, sementara pengelolaan spare part dan perbaikan modul dapat dilakukan oleh PT INTI (Persero).

Sistem Manajemen Sparelog memiliki kumpulan persediaan dan titik layanan yang tersebar di 60 lokasi, dengan jangkauan layanan hingga 100 lokasi di Indonesia. Layanan ini menyediakan 24 jam sehari, 7 hari seminggu, 365 hari setahun.

 

***

Share on facebook
Share on twitter
Share on google
Share on pinterest

Dapat Segera Dipublikasikan

Information

SVP Corporate Secretary PT INTI (Persero)

Delvia Damayanti
Telepon : (+62-22) 5201501
Email : delvia.damayanti@inti.co.id

English EN Indonesian ID