PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero)

GENJOT SEKTOR FINTECH, PT INTI LUNCURKAN APLIKASI INTIPAY

BANDUNG – PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero) atau biasa disebut PT INTI (Persero) telah meluncurkan aplikasi bertajuk “INTIPay” untuk menggenjot sektor bisnis financial technology (fintech). “INTIPay” merupakan sebuah layanan payment point online banking (PPOB) berbasis aplikasi yang memungkinkan transaksi keuangan terkoneksi dengan perbankan secara online dan real time sehingga rekonsiliasi data terjadi secara cepat dan akurat.

“Aplikasi INTIPay ini menjadi sistem yang melengkapi kefungsian perangkat buatan PT INTI (Persero) bernama Identik AE01, yang telah banyak digunakan di perbankan, perusahaan operator selular, dan lembaga negara terkait perlindungan tenaga kerja,” papar Direktur Utama PT INTI (Persero) Otong Iip, Senin (11/04).

Dalam implementasinya, “INTIPay” yang dijalankan secara langsung oleh anak perusahaan PT INTI (Persero) yaitu PT INTI Konten Indonesia (INTENS) ini, dapat digunakan oleh masyarakat untuk mempermudah berbagai transaksi pembayaran pribadi atau mengfungsikannya secara komersial melalui sistem keagenan dengan cara mengunduhnya di Play Store atau www.intipay.id/registrasi-edc. Nantinya, masyarakat dapat menjalankan sistem keagenan INTIPay ini dengan hanya berbekal perangkat telepon genggam pribadi atau dapat pula melengkapinya dengan perangkat terpadu Identik AE01. Perangkat Identik AE01 ini mendukung berbagai layanan pembayaran digital serta memiliki fitur pembaca dan verifikasi KTP Elektronik, collected data untuk big data analytic, mendukung berbagai transaksi pembayaran cashless, portable, dan dapat langsung mencetak bukti pembayaran.

“Aplikasi dan perangkat ini merupakan cara INTI Group untuk memperkuat sisi digital service,” ujar Otong Iip.

Saat ini, eksosistem INTIPay tercatat telah memiliki 82.842 Agen, 582.556 PosPay Retail, 524 Entity Biller, 42 Switching, 15 Channel, dan 856 Produk Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) yang telah melayani sebanyak 6.973.646 pelanggan. Direktur Utama PT INTI Konten Indonesia (INTENS) Yudi Limbar Yasik menyebutkan, ekosistem ini diproyeksikan akan terus bertambah dengan beragamnya layanan transaksi pembayaran yang disediakan oleh “INTIPay”, yaitu:

  • Pengisian Pulsa
  • Pembayaran Tagihan Pascabayar
  • Pembelian Paket Data
  • Pembelian Token PLN
  • Pembayaran Tagihan PLN PascaBayar
  • Pembayaran Tagihan PDAM
  • Telkom Pay
  • BPJS Kesehatan
  • Pajak
  • Cicilan
  • Donasi
  • e-Money
  • TV Berlangganan
  • e-Commerce
  • Voucher TV Berlangganan
  • Asuransi
  • Pembayaran Tiket
  • Pembayaran Gas
  • Gas Prepaid
  • Pos Assurance
  • Antar Uang

 

Harapannya, bisnis dalam sektor fintech hasil sinergi antara PT INTI (Persero) dan PT Pos Indonesia (Persero) yang dieksekusi melalui kolaborasi kedua anak perusahaan, yaitu PT INTI Konten Indonesia (INTENS) sebagai anak usaha PT INTI (Persero) dan PT Pos Finansial Indonesia (Posfin) selaku anak usaha PT Pos Indonesia (Persero) ini dapat mengoptimalkan potensi masing-masing perusahaan, terutama terkait kompetensi digital payment dan digital solution.

“Semoga, sinergi ini akan berkelanjutan dan memberikan efek domino pada pertumbuhan industri fintech tanah air,” ujar Yudi Limbar Yasik.

 

TENTANG PT INTI (PERSERO)

PT INTI (Persero) adalah badan usaha milik negara (BUMN) yang memiliki lini bisnis di bidang Manufacture and Assembly, System Integrator, Digital Service, dan Managed Service. Untuk mendukung bisnisnya, PT INTI (Persero) yang berkantor pusat di Jalan Moch Toha Nomor 77 Bandung itu juga mengoperasikan fasilitas produksi seluas delapan hektar di Jalan Moch Toha Nomor 225 Bandung, yang memproduksi perangkat telekomunikasi dan elektronik.

 

PRODUK DAN LAYANAN

Identik AE01 adalah perangkat terpadu pembayaran elektronik terintegrasi dengan aplikasi berbasis android. INTIPay dapat juga disinkronkan serta melakukan verifikasi KTP elektronik.

KTP Electronic Reader “IDentik DL02” merupakan perangkat pembaca yang masing-masing komponennya terintegrasi dalam satu kesatuan yang menjadi sebuah perangkat pembaca KTP-el secara mandiri tanpa harus terhubung dengan perangkat komputer.

INTI DVB-T2 1407 merupakan perangkat penerima siaran digital berbasis teknologi DVB-T2 yang merupakan standard Digital Video Broadcasting Terrestrial generasi kedua dan ditambahkan fitur Early Warning System (EWS)

INTI DVBT2 hadir sebagai bentuk dukungan industri nasional dalam mendukung program pemerintah mengganti transmisi analog ke digital atau biasa disebut Analog Switch Off (ASO) dan dibuat mengacu pada Peraturan Menteri Kominfo No 04 Tahun 2019 tentang Persyaratan Teknis Alat dan/atau Perangkat Telekomunikasi untuk Keperluan Penyelenggaraan Televisi Siaran dan Radio Siaran, dan Peraturan Menteri Kominfo No 3 Tahun 2014 tentang Persyaratan Teknis Sistem Peringatan Dini Bencana Alam pada Alat dan Perangkat Penerima Televisi Broadcasting Terrestrial-Second Generation.

Sistem Electronic Voting (e-Voting) adalah sebuah sistem yang memanfaatkan perangkat elektronik dan mengolah informasi digital untuk membuat surat suara, memberikan suara, menghitung perolehan suara, mengirim hasil perolehan suara, menayang kan perolehan suara, memelihara dan menghasilkan perhitungan suara. Keuntungan yang didapat adalah paperless, meminimalisasi kecurangan, real time result, serta dilengkapi dengan sistem anti hack sehingga aman dan terpercaya. Implementasi e-Voting ini telah memiliki dasar hukum, meliputi Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa Pasal 31 ayat (2), Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 147/PUU-VII/2009 yang menyebut tentang metode e-Voting, Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2017 tentang Inovasi Daerah Pasal 4, serta Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 112 Tahun 2014 Pasal 3 tentang Pemilihan Kepala Desa.

INTI Repair Center merupakan layanan pemeliharaan perangkat elektronik dengan penyediaan jaminan suku cadang dan jasa layanan repair. Dengan cakupan spare pool di 60 kota lebih, sehingga kastemer dapat fokus pada bisnis utama, sementara pengelolaan spare part dan perbaikan modul dapat dilakukan oleh PT INTI (Persero).

Sistem Manajemen Sparelog memiliki kumpulan persediaan dan titik layanan yang tersebar di 60 lokasi, dengan jangkauan layanan hingga 100 lokasi di Indonesia. Layanan ini menyediakan 24 jam sehari, 7 hari seminggu, 365 hari setahun.

 

***

Share on facebook
Share on twitter
Share on google
Share on pinterest

Dapat Segera Dipublikasikan

Information

SVP Corporate Secretary PT INTI (Persero)

Delvia Damayanti
Telepon : (+62-22) 5201501
Email : delvia.damayanti@inti.co.id

English EN Indonesian ID