PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero)

DI HARI JADI REPUBLIK INDONESIA, PT INTI (PERSERO) GELAR LAUNCHING SEVEN DIGITAL GENUINE PRODUCTS, INTI JOURNALIST FORUM, DAN SIGNING CEREMONY

BANDUNG – PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero) (“PT INTI (Persero)”) menggelar launching tujuh produk digital pada momen Puncak Hari Jadi ke-78 Republik Indonesia, dengan tajuk “Seven Digital Genuine Products”. Dalam momen yang sama, PT INTI (Persero) pun mengeksekusi pembentukan INTI Journalist Forum dan penandatanganan sejumlah dokumen kerja sama.

Produk digital yang dirilis pada Kamis, 17 Agustus 2023 itu merupakan hasil kolaborasi PT INTI (Persero) bersama putra-putri terbaik Indonesia serta partner berskala global, mulai dari riset, rancang bangun, arsitektur, pembuatan komponen, hingga pengembangan aplikasi.

“Kami berharap aksi korporasi yang dihelat PT INTI (Persero) pada momen Hari Jadi Republik Indonesia akan menjadi jalan terbentuknya kurva positif untuk keberlanjutan bisnis Perusahaan, sekaligus berdampak pada perkembangan industri digital di taraf nasional, dalam sekian dekade mendatang,” ungkap Direktur Utama PT INTI (Persero) Edi Witjara, pada momen Launching Seven Digital Genuine Products, INTI Journalist Forum, serta Signing Ceremony, Kamis (17/08), di Kota Bandung.

Perhelatan yang didukung oleh sejumlah partner tersebut, jelas Edi Witjara, secara spesifik direalisasikan untuk mendukung program strategis INTI Reborn yang telah mengantongi restu dari pemegang saham, sekaligus menjadi jalan untuk mendukung kemandirian teknologi dalam negeri dan produk lokal yang handal, serta membangun daya saing Indonesia di kancah global, terutama dalam penguasaan teknologi untuk market lokal.

“Tujuh produk digital yang dirilis hari ini, harapannya dapat menjadi pengungkit perkembangan industri domestik, terutama untuk mengurangi ketergantungan terhadap produk digital asing,” ujar Edi Witjara.

 

TENTANG SEVEN DIGITAL GENUINE PRODUCTS

Beauty of Indonesia

Beauty of Indonesia merupakan sebuah aplikasi hasil peningkatan berbagai aspek teknologi dan fitur dari aplikasi sebelumnya yang bernama Beautiful Indonesia.

Beauty of Indonesia adalah sebuah platform media sosial yang dibangun untuk mendukung gerakan Bangga Berwisata di Indonesia, hadir dengan fitur lengkap dan menarik sebagai wadah bagi ekosistem pariwisata Indonesia. Platform Beauty of Indonesia akan menjadi sebuah raksasa etalase pariwisata Indonesia sekaligus produk buatan anak bangsa, di kancah dunia.

Aplikasi inipun memungkinkan para penyedia layanan dan produk kepariwisataan, untuk menjadikan Beauty of Indonesia sebagai media promosi, media transaksi, dan media interaksi secara online. Aplikasi ini ditargetkan menjadi alat untuk mempermudah masyarakat pada aspek berikut:

  • Pro SMEs and Creative Industries
  • Integrated Social and Itinerary System
  • Ecosystem of Partners and Integrated with Payment

 

INTICloud

INTICloud adalah layanan yang menyediakan infrastruktur, platform, serta perangkat lunak sesuai permintaan dengan harga bayar sesuai pemakaian. Pengguna dapat mengakses layanan teknologi, seperti daya komputasi, penyimpanan, dan database dengan lebih efektif dan efisien, tanpa perlu memiliki dan memelihara pusat data dan server fisik.

INTICloud memiliki pusat data di Jakarta, Bogor, dan Bandung. Semua layanan data dan cloud berlokasi di Indonesia untuk memastikan kedaulatan data dan ketersediaan yang tinggi. Sesuai peraturan pemerintah, produk ini sudah memiliki Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dengan nilai 98,68%.

 

I-Office

I-Office merupakan sistem perkantoran digital dengan lima kapabilitas utama yang memungkinkan transformasi digital proses kedinasan, untuk mempermudah segala hal terjangkau secara mobile, terintegrasi, terkoneksi, aman, dan terdigitalisasi. Sistem ini memberikan sejumlah keunggulan sebagai berikut :

  1. Menghadirkan eDesk sebagai sarana meja kerja digital mobile berbasis kinerja dan excellence yang menjadi katalis transformasi kerja digital menuju excellence, serta mendukung inovasi layanan pelanggan.
  2. Mentrasfromasikan berkas kerja menjadi “smart” & digital serta dapat diproses kapan saja di mana saja (work from home, hybrid, online, onpremise, no branch, dan lainnya).
  3. Mewujudkan proses kerja yang sepenuhnya terfasilitasi end-to-end digital, “embedded with audit trail & compliance” plus alert & monitor.
  4. Terintegrasi dengan tanda tangan digital yang menjadikan berkas digital yang disahkan memiliki keabsahan sama seperti tanda tangan basah.
  5. Mewujudkan pengelolaan aset informasi perusahaan serta big data produktivitas atau kinerja perusahaan secara terintegrasi dan terpadu.

 

e-Taxation

Sistem e-Taxation dirancang untuk mempermudah dan menyederhanakan proses perpajakan bagi pemerintah dan warganya. Dengan memanfaatkan layanan digital canggih, sistem ini menjanjikan transparansi, efisiensi, dan akurasi yang ditingkatkan dalam pengumpulan dan pengelolaan pajak. Sistem ini memberikan manfaat bagi masyarakat sebagai berikut:

  • Pertumbuhan Ekonomi, dengan mengoptimalkan pengumpulan pajak dan meminimalisasi kesalahan, pemerintah dapat memastikan dana yang dialokasikan dengan tepat untuk layanan publik dan pengembangan infrastruktur.

 

  • Pertumbuhan Sosial, fase berikutnya dari inisiatif ini akan berfokus pada implementasi bantuan sosial, memperkuat program kesejahteraan sosial negara dan memastikan setiap warga mendapatkan manfaat dari transformasi digital.

 

INTI-Key Security System

INTI-Key Security System merupakan aplikasi pengamanan digital yang didesain untuk melakukan otentikasi dan verifikasi melalui perangkat selular.

Sistem ini memanfaatkan kriptografi canggih seperti yang ada di smart chip pada kartu ATM atau kartu kredit sehingga dapat digunakan untuk melakukan otentikasi dan otorisasi secara virtual dalam aplikasi di smartphone.

Melalui proses integrasi melalui Software Development Kit (SDK), sistem proteksi ini juga sangat fleksible untuk diintegrasikan dengan aplikasi yang ada sehingga melindungi aplikasi dari serangan serangan malware seperti undangan.apk, tilang.apk, keylogger, dan lainnya.

 

Produk TKDN CCTV & Access Point

Produk-produk ini telah mengantongi sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sebagai wujud dukungan terhadap pertumbuhan inovasi dan teknologi produk dalam negeri. Produk CCTV tercatat telah mengantongi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dan Bobot Manfaat Perusahaan (BMP) sebesar 35,41% serta Access Point pada level 33,87%.

Smart Meter

Smart Meter Gas dan Smart Meter Listrik merupakan alat ukur untuk konsumsi gas/listrik yang mengalir, sebagai pengukur volume dan besarnya biaya pemakaian.

Kedua perangkat berbasis Low Power Wide Area Network (LPWAN) yang memiliki keunggulan mampu mengirimkan data dengan kapasitas kecil sehingga menghasilkan efisiensi data dan daya baterai, serta memungkinkan monitoring penggunaan energi secara real time. Perangkat ini memiliki sistem proteksi body IP 65 sehingga tahan percikan air dan debu.

 

TENTANG PENANDATANGAN DOKUMEN KERJA SAMA

Edi Witjara menambahkan, akselerasi bisnis yang telah diimplementasikan melalui Launching Seven Digital Genuine Products itu juga diperkuat dengan sejumlah kerja sama strategis. Hal tersebut dieksekusi melalui penandatanganan Perjanjian Kerja Sama tentang Pembangunan dan Pengelolaan Sportainment Area di PT INTI (Persero) antara PT INTI (Persero) dengan PT Elfia Putra Jaya.

Seremoni sinergi yang digelar pada Kamis, 17 Agustus 2023 itu ditandatangani oleh Direktur Keuangan, SDM, Hukum dan Manajemen Risiko PT INTI (Persero) Tantang Yudha Santoso dengan Direktur Utama PT Elfia Putra Jaya Muhammad Adlyn.

Pada kesempatan yang sama, PT INTI (Persero) pun menyepakati kolaborasi terkait Penggunaan Layanan INTICloud yang ditandatangani oleh Direktur Operasi PT INTI (Persero) Ahmad Taufik dengan Group Chief Executive Officer Ihsan Group Chew Chai Jin.

“Kolaborasi strategis ini merupakan upaya agresif Perseroan untuk mempercepat business alignment lima tahunan, sehingga menjadi Trusted Technology Company with Rp 5 trillion Revenue,” tutur Edi Witjara.

 

 

 

TENTANG INTI JOURNALIST FORUM

Pada momen yang sama, PT INTI (Persero) pun secara resmi membentuk INTI Journalist Forum. Senior Vice President Corporate Secretary PT INTI (Persero) Delvia Damayanti menjelaskan bahwa INTI Journalist Forum ini merupakan wadah komunikasi antara PT INTI (Persero) dengan para jurnalis ekonomi bisnis. Targetnya, forum tersebut dapat menumbuhkan kolaborasi secara organisasi yang saling menguntungkan. “Semoga dengan INTI Journalist Forum ini, sinergi antara dunia industri dan media massa akan memperkuat jalinan silaturahmi dan menjadi wadah kemitraan dengan semua stakeholder untuk kepentingan pemberitaan dan kolaborasi dengan visi yang lebih besar,” ungkap Delvia Damayanti.

 

TENTANG PT INTI (PERSERO)

PT INTI (Persero) adalah badan usaha milik negara (BUMN) yang memiliki lini bisnis di bidang System Integrator, Manufacture, dan Digital. Untuk mendukung bisnisnya, PT INTI (Persero) yang berkantor pusat di Jalan Moch Toha Nomor 77 Bandung itu juga mengoperasikan fasilitas produksi seluas delapan hektar di Jalan Moch Toha Nomor 225 Bandung, yang memproduksi perangkat telekomunikasi dan elektronik.

 

***

Share on facebook
Share on twitter
Share on google
Share on pinterest

Dapat Segera Dipublikasikan

Information

SVP Corporate Secretary PT INTI (Persero)

Delvia Damayanti
Telepon : (+62-22) 5201501
Email : delvia.damayanti@inti.co.id

English EN Indonesian ID