PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero)

Our News

PT INTI (PERSERO) LUNCURKAN WHATSAPP CHATBOT ‘SINTA’

Share on facebook
Share on twitter
Share on google
Share on pinterest

Kantor Pusat

Jl. Moch Toha No. 77 Bandung 40253
Telepon : (+62-22) 5201501
Fax : (+62-22) 5202444
Email : info@inti.co.id

PT INTI (Persero) merilis inovasi untuk meningkatkan kualitas layanan informasi bagi masyarakat publik.

Setelah sukses meluncurkan aplikasi berbasis android bertajuk ‘PPID PT INTI’ pada pertengahan tahun lalu, kali ini PT INTI (Persero) menghadirkan fitur Smart INTI Assistant atau ‘SINTA’ pada aplikasi WhatsApp.

“Sejalan dengan upaya PT INTI (Persero) untuk melakukan digitalisasi semua aspek bisnis, kami berusaha secara kontinu presenting kanal komunikasi populer supaya benar-benar simplify akses publik ke informasi produk dan layanan PT INTI (Persero),” ungkap Direktur Utama PT INTI (Persero) Edi Witjara, Kamis (06/10).

Fitur SINTA’ merupakan layanan informasi berbasis teknologi chatbot yang kini dapat diakses oleh publik melalui Official WhatsApp Chatbot PT INTI (Persero) pada nomor 0811-2377-723. Pada Chatbot ‘SINTA’ ini, masyarakat publik akan mendapatkan informasi layanan dan produk PT INTI (Persero) tanpa harus mengantre ataupun menunggu respon petugas. Fitur layanan ini juga memungkinkan masyarakat publik untuk mengakses Official WhatsApp Chatbot PT INTI (Persero) di manapun dan kapan pun, tanpa dikenai biaya, ataupun batasan maksimal interaksi, karena mekanisme pelayanan dilakukan layaknya chatting dengan relasi.

Edi Witjara mengutarakan, Chatbot ‘SINTA’ yang dihadirkan untuk meningkatkan kualitas pelayanan informasi pada masyarakat ini merupakan salah satu wujud pelaksanaan amanat Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Nantinya, masyarakat publik akan mendapat kemudahan pelayanan informasi dengan sistem Send Button Message sehingga masyarakat publik tidak harus mengetik untuk meminta informasi yang diinginkan. Adapun layanan Chatbot ‘SINTA’ itu terbagi berdasarkan kategori berikut:

  • Layanan Informasi
  • Informasi Publik
  • Frequently Asked Questions
  • Akses Permohonan Layanan Melalui Email

Harapannya, Chatbot ‘SINTA’ ini akan meningkatkan frekuensi interaksi Perusahaan dengan masyarakat, khususnya potential customers. “Hasil akhirnya, kita harapkan akan berdampak signifikan terhadap percepatan bisnis Perusahaan,” ujar Edi Witjara.

Sementara itu, Vice President Sekretaris Perusahaan & Perencanaan Strategis Pengembangan Bisnis PT INTI (Persero) Rizqi Ayunda Pratama ikut menambahkan, Chatbot SINTA ini menjadi salah satu upaya Perusahaan untuk menunjukkan konsistensi pelayanan informasi yang telah menempatkan PT INTI (Persero) di peringkat tertinggi dalam Monitoring dan Evaluasi (Monev) Keterbukaan Informasi Publik tahun 2021.

Pada momen tersebut, PT INTI (Persero) dinobatkan sebagai Badan Publik “Informatif” dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2021 pada posisi kedua di antara seluruh badan usaha milik negara (BUMN) di Indonesia dengan skor sebesar 93,51. Pencapaian ini merupakan peningkatan dari predikat sebelumnya yaitu “Menuju Informatif” yang berada pada posisi empat dengan skor sebesar 83,79.

Targetnya, pembenahan secara menyeluruh pada semua kanal informasi, termasuk Chatbot SINTA, yang menjadi akses pelayanan secara offline dan online, akan menjadi jalan peningkatan inovasi digital yang diperlukan di era disrupsi digital dan pandemi.

 

CARA MENGAKSES LAYANAN CHATBOT SINTA DI WHATSAPP

  • SINTA dapat diakses melalui aplikasi WhatsApp baik melalui web ataupun mobile. Masyarakat yang belum menggunakan aplikasi WhatsApp dapat mengunduh melalui Google PlayStore atau Apple AppStore.
  • MAsyarakat publik harus menyimpan nomor Official WhatsApp Chatbot PT INTI (Persero) 08112377723 pada perangkat yang dimiliki.

 

English EN Indonesian ID